Custom Search

3 Jurus Meningkatkan Potensi Anak

Ada 3 potensi anak, jika potensi ini digali akan melahirkan kedahsyatan karakter anak, 3 potensi itu adalah pendengaran, penglihatan dan hati.

Jurus 1 pendengaran yang bernilai sepatutnya anak mendengar kata penuh makna seperti kata-kata positif ini: anak sholeh, anak baik dan lainnya, juga kata pujian seperti: kamu pasti bisa nak, oh baik sekali ya dan lainnya. Sambil berkata ayah bunda bisa juga mencium/mengusap kepala sang anak, karena selain kata-kata, anak butuh sentuhan kasih sayang.

Jurus 2 pandangan yang benar pada anak-anak sudah bisa memandang, saat itu anak memiliki dua alat perekam yang kuat, yakni telinga dan mata. disaat anak memandangi hal yang indah dia akan tersenyum, keindahan yang dipandang anak akan lebih sempurna, jika setiap hari anak menyaksikan sikap terpuji yang diperankan orang disekitarnya, pandangannya terekam dalam ingatan yang tajam dan tanpa sensor bagaikan magnet yang punya daya lekat kuat, ingatan akan ketauladanan terpancar di mata sang anak, bayangan kesantunan dalam bersikap, benar dalam berucap, jujur dalam berbuat bersemayam di mata anak suguhan contoh dan ketauladananlah yang dibutuhkan anak.

Jurus 3 menata hati, latih hati anak dengan sifat memberi, memaafkan, menyayangi, menolong dan lainnya. Jika hati ini terbina maka seluruh perbuatan akan terjaga.

Sedangkan kebutuhan dasar anak lainnya adalah kebutuhan jasmani dan rohani, seorang Bunda tentu tidak akan rela memberikan asupan kebutuhan jasmani berupa Asi misalnya, sambil melontarkan kata kotor dan sikap kurang patut, hal ini akan menjadi luar biasa jika menyusul dalam keadaan berwudhu, menghafal, membaca dan mendengarkan Al-Qur'an. Lalu kebutuhan yang tidak kalah pentingnya adalah menanamkan pemahaman tauhid yang benar dan akhlak yang mulia bagi sang buah hati.

Jika anak disalahkan, Dia akan belajar mencemoh
Jika anak dihina, Dia akan hidup menjadi penakut
Jika anak dipermalukan, Dia akan selalu merasa bersalah
Jika anak dalam permusuhan, Dia akan belajar berkelahi.

0 komentar

Gabung di IDR cuman klik dpt Duit (lihat pendapatanku)

Cari Data Lain

Custom Search