Custom Search

Pengalaman Ngeblog Bersama

Saya punya teman namanya Azis. Sudah 3 bulan ini saya dan dia belajar bagaimana membuat sebuah blog. Dan hasilnya lumayanlah sekarang sudah bisa posting di blog ini.

Cuman ada perbedaan diantara kami berdua dalam memulai belajar dalam membuat suatu blog. Kalau saya sih belajar bagaimana cara ngeblok, nulis buat isi blog, terus di posting. Setelah blog dah ada isinya walau pun satu postingan, saya coba daftarkan di beberapa search Engine (maksudnya mesin pencari) diantaranya google. Tapi hasilnya tidak nongol-nongol juga di search engine tersebut diantaranya google, tapi saya tidak menyerah, setelah saya ngepost beberapa tulisan bahkan ada yang hanya gambar doang, saya coba lagi daftarin di mesin pencari terutama google. (cerita selengkapnya ada di pengalaman pertama ngeblog)



Berbeda dengan saya berbeda pula dengan Azis. Kalau saya sibuk daftar di mesin pencari, ikut adsense sampai daftar di kumpulblogger.com kalau Azis tidak dia sibuk mendesain blog, gonta-ganti blog, pernah malah salah satu blognya ancur gak karu-karuan he.... he... akibat hasil dari eksperimennya.... saya udah saranin bikin satu blog daftarin ke mesin pencari, ikut adsense atau kumpulblogger.com tapi tidak didengar/tidak diikuti, malah tetep aja asyik ngedesain blognya. Katanya nanti aja kalau blognya udah bagus, udah cantik baru ikut yang begituan.

Ya... udah kalau emang mau dia begitu... tapi tetap aja saya suport... pelajari yang bener ya... ntar kalau udah bisa ajarin gw..... he... he.... he... maklum blog gw masih standar banget.

Dari situ si Azis sibuk otak atik blognya, sedangkan saya sibuk ama adsense. Sambil saling tukar pengetahuan/sharing, akhirnya ada kemajuan juga blog temen saya ini, walaupun udah beberapa blog yang jadi korbannya. Cuman yang bikin saya heran, masih aja dia belum puas sama blognya, dia pengen blognya sebagus seperti milik para master. Ya... emang gak salah sih, tapi itukan tidak sesuai dengan tujuan awal kita, yaitu sambil ngeblog sambil dapat penghasilan sampingan.

Sampai sekarang lebih dari 3 bulan ngeblog, dia masih sibuk otak-atik dan ngedesain blognya, sampai gak di daftar di mesin pencari (google search dan teman2nya) gak ikutan adsense / yang lainnya. Hasilnya...... ya...... gak ada hasilnya.......maksudnya gak ada penghasilan tambahan. Gak ada dolar yang masuk gak ada rupiah di dapat. Tapi emang sih ada yang lebih dari itu Ilmu, pengalaman, pengetahuan ngeblog yang di dapat.

Jadi saran buat para pemula yang mau ngeblog, yang pertama kali harus ditentukan dalam memulai ngeblog adalah tujuan.

Tujuan apa yang ingin di dapat dari ngeblog, sekedar pengen tau, sekedar pengen curhat, cari teman atau yang lain-lainnya. Atau pengen mendapat penghasilan sampingan dari blog. Itu yang harus ditetapkan pertama kali. Ya... tujuan.

Kalau tujuan ngeblog pengen dapat penghasilan sampingan, yang harus dilakukan bagi para pemula, yaitu: ngeposting sebanyak-banyaknya, daftar di mesin pencari, ikut adsense/ kumpulblogger.com, baru maksimalin tuh blog (percantik blog, cari temen, ikut forum, dll). Jadi menurut saya yang penting isinya dulu deh..... kalau desain, bentuk, tampilannya, untuk sementara gak perlu, karena semua bisa diperbaiki sambil jalan. Jadi isi lebih penting dari pada bungkusnya.

Ingat dan jangan sampai lupa untuk para pemula seperti saya yang pengen penghasilan tambahan dari blog bahwa Isi lebih penting daripada tampilan.

Belajar bersama, mulai ngeblog bersama, tapi isi yang berbeda hasilnya pun berbeda. Ini pengalaman saya.


2 komentar

  1. yudios  

    28 Agustus 2008 05.21

    hu..uuuuu, saya juga pemula ngeblog, bingung mau ngapain. terakhir ini, saya hanya asik datang ke sana sini baut kasih komentar ke blog orang. nggak tahu bakal maau jadi apa.

  2. Caray / Sandy  

    28 Agustus 2008 23.04

    Jalan-jalan ke blog orang bagus sekali, bisa nambah informasi dan pengetahuan juga bisa sekalian promosiin blog kita. cuman jangan sampai lupa ama blog sendiri Ok. Saya yakin anda punya banyak ide

Gabung di IDR cuman klik dpt Duit (lihat pendapatanku)

Cari Data Lain

Custom Search