Custom Search

Pengalaman Pertama Ngeblog

Saya punya teman namanya Azis. Sudah 3 bulan ini saya dan dia belajar bagaimana membuat sebuah blog. Dan hasilnya lumayanlah sekarang sudah bisa posting di blog ini.

Cuman ada perbedaan diantara kami berdua dalam memulai belajar dalam membuat suatu blog. Kalau saya sih belajar bagaimana cara ngeblok, nulis buat isi blog, terus di posting. Setelah blog dah ada isinya walau pun satu postingan, saya coba daftarkan di beberapa search Engine (maksudnya mesin pencari) diantaranya google. Tapi hasilnya tidak nongol-nongol juga di search engine tersebut diantaranya google, tapi saya tidak menyerah, setelah saya ngepost beberapa tulisan bahkan ada yang hanya gambar doang, saya coba lagi daftarin di mesin pencari terutama google.

Hasil tetap sama sudah 1x24 jam lebih gak nampak juga blog saya.... saya jadi berpikir apa yang salah dengan blog saya. Tapi saya tidak menyerah setelah beberapa kali posting, dan beberapa kali daftar di mesin pencari, akhirnya di suatu hari blog saya nongol juga tuh di mesin pencari, diantaranya google, yahoo, Msn dll.

Sudah puas dengan mempublikasikan blog saya di mesin pencari, secara tidak sengaja saya menemukan artikel di blog ... saya lupa nama blognya yang intinya kalau kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sebuah blog, namanya adsense lebih spesifiknya google adsense.

Akhirnya saya ikutan juga daftar di google adsense, tapi kok gak ada balasan ke e-mail saya setelah saya tungguh seharian penuh apa lamaran saya di tolak. Tidak sabar saya menunggu saya mendaftar lagi dengan alamat email lain. Dan akhirnya dalam hitungan jam ada balasan bahwa blog saya diterima di google adsense. Senangnya bukan main saat itu.

Tapi perjalanan ini belum selesai, setelah terdaftar menjadi anggota adsense ternyata blog saya tidak masuk kriteria untuk menayangkan suatu iklan. Karena mbah google tidak menyediakan layanan untuk blog berbahasa Indonesia. Tapi saya tidak putus asa, karena masih ada Google Search, yang memberikan tawaran penghasilan sampingan dengan mencatumkan mesin pencarinya di blog kita, dan menyediakan tempat iklan di tempat hasil pencarian, dengan begitu berarti masih ada kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sehari, dua hari, sampai hampir dua minggu tidak sepeserpun penghasilan yang saya dapat hanya tulisan $ 0.00 saja yang nampak. Sampai saya habis pikir, apa blog saya tidak ada pengunjungnya, berapa sih pengunjung di blog saya, pernah dikunjungi orang tidak sih blog saya, berbagai macam pertanyaan tersebut menghantui saya.. jangan2 blog saya memang benar-benar tidak ada pengunjung.

Setelah beberapa hari mengotak-atik blog tersebut, misal menghatifkan comment anonym, membuat polling, tapi sehari, dua hari, seminggu hasilnya tetep nol.... tidak ada comment tidak ada yang ngisi polling. Saya pikir bener nih blog gak ada pengunjungnya.

Sampai suatu saat saya secara tidak sengaja menemukan yang namanya sitemetter (hasil dari jalan-jalan di blog orang) untuk mendeteksi blog kita apakah ada pengunjungnya atau tidak, berapa pengunjungnya tiap hari, siapa, dari mana, apa yang dicari dll.

Setelah saya memasang site metter, saya jadi rajin membuka nya hampir setiap jam, apa ada pengunjung apa tidak, kadang hanya, 2, 3, 4, 5, sampai 6 pengunjung itu pun ternyata saya sendiri yang mengunjungi blog saya. Dan saya berkesimpulan bahwa blog saya benar-benar tidak ada pengunjungnya. Dari situ sudah deh saya menyerah... jadi males lagi ngeblog dan bahkan hampir lupa pasword login ke blog tersebut.

Setelah kurang lebih 2 bulan saya tidak pernah buka2 blog dan tidak pernah buka2 adsense, iseng-iseng saja saya buka adsense saya dan tidak di sangka tidak di duga, saya telah menghasilkan $ 1.64 dolar dan setelah saya cek pengunjung saya telah mencapai kurang lebih 500 pengunjung. Lumayan lah buat blog yang minim content dan gak pernah update/ngeposting.

Dari situ saya jadi semangat lagi ngeblog, dan asyik ngeposting apa aja yang saya suka ke dalam blog. Tidak puas sampai disitu saya buat blog lagi dua sekaligus yang satu khusus curhat pribadi, yang satu khusus curhat soal usaha, tempat kerja, dan perusahaan tempat saya kerja. Hasilnya lumayan. Bahkan sekarang salah satu blog saya tersebut pengunjungnya setiap hari lebih dari 100 pengunjung. Ya.. Lumayanlah bagi saya yang pemula yang kurang dari 3 bulan belajar ngeblog.

Tidak puas sampai disitu, saya masih penasaran dengan adsensenya google, dan akibatnya terlahirlah sebuah blog dalam bahasa inggris yang sebenarnya isinya cuman review film, lagu, curhat ama paling sedikit artikel doang. Tapi hasilnya luar biasa selain saya diterima sebagai anggota baru di adsense (karena saya daftar dengan email baru). Saya bisa menayangkan produk iklan, dan yang lebih menyenangkan lagi di blog saya yang baru seumur jagung... gak pas deh apa ya... seumur nyamuk kali...., udah menghasilkan $ 2.16 hanya dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu lebih tepatnya pas daftar adsense sih 3-4 hari lah. Lumayankan untuk Newbie seperti saya. Itu bahkan melebihi penghasilan 3 blog saya yang bahasa Indonesia yang sudah lebih dari 2 bulan. Yang paling hanya kurang lebih $ 1 untuk tiga blog perharinya bahkan pernah kurang dari itu.

Dari situ timbul pemikiran baru lagi, kenapa dan bagaimana ya... blog saya yang bahasa Indonesia pengunjungnya lebih banyak tapi penghasilannya lebih sedikit. Berkali-kali saya coba jalan-jalan di blog teman untuk mencari informasi memaksimalkan blog dalam bahasa Indonesia, Ada yang menyarankan menggunakan adsense google (pasang iklan google yang di blog inggris) di blog Indonesia, setelah saya pikir-pikir itukan menyalahi aturan. Dan suatu hari secara tidak sengaja saya baca juga tuh blog temen, yang menyarankan gabung di kumpulblogger.com dia bilang pengunjung udah banyak tapi iklan gak ada cuman google search doang, kenapa gak dimanfatin/dimaksimalin.

Bener juga tuh temen bilang kenapa gak dimanfatin aja kasih tempat kosong buat iklan.

Ternyata bener kumpulblogger.com yang selama ini saya cari, tempatnya para blogger Indonesia untuk mendapat kan iklan dan berarti mendapatkan penghasilan tambahan. Langsung saja saya daftar, mudah dan gampang. Saya klik kumpulblogger.com masukin alamat email, langsung dapat email balasan yang berisi pasword. Langsung jadi anggota dapet iklan, pasang di blog, dapet penghasilan kurang dari satu jam dah dapet penghasilan 1). Total Klik Text Link : Rp. 1,800, 2). Total Klik Mini Banner : Rp. 1,200. Total penghasilan dalam kurang lebih 1 jam Rp. 3.000,-.... wah... sangat amat lumayan... tuh.... mudah-mudahan terus bertambah deh.... tapi mungkin tidak bagi yang udah master. Tapi buat Newbie seperti saya penghasilan tersebut sudah cukup memuaskan.

Ya... itu lah pengalaman ngeblog saya. mudah-mudahan menjadi inspirasi anda.
Untuk cerita soal temen saya Azis ada di postingan berikutnya.

0 komentar

Gabung di IDR cuman klik dpt Duit (lihat pendapatanku)

Cari Data Lain

Custom Search