Custom Search

Tips Menggunting Kuku Si Kecil

Gunting kuku sangat penting karena kuku yang panjang dan tajam bisa berbahaya bagi si kecil seperti tercakar, sarang kuman atau berisiko mengalami kuku patah yang membuat anak semakin trauma dengan kukunya.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya mau digunting kuku, yaitu:

  1. Cari tahu alasan kenapa si kecil tidak mau dipotong kukunya.
  2. Orangtua harus memberitahu manfaat dari menggunting kuku dengan bahasa yang lucu atau mudah dimengerti si kecil, sehingga anak menjadi rela kukunya di potong.
  3. Gunakanlah alat gunting kuku khusus untuk anak-anak dengan warna dan bentuk yang lucu-lucu sehingga tidak terlihat menyeramkan bagi si kecil.
  4. Waktu terbaik untuk menggunting kuku adalah saat si kecil sedang tertidur atau setelah mandi karena kukunya akan lebih lunak sehingga mudah untuk digunting.
  5. Tidak ada salahnya untuk melakukan gunting kuku bersama antara ibu dan anak, ini akan membuat anak berpikir bahwa gunting kuku bukanlah suatu kegiatan yang menyakitkan.
  6. Pastikan orangtua mendapatkan penerangan atau cahaya yang cukup saat menggunting kuku anak.
  7. Tekan jari agar menjauh dari kuku dan tetap kuat memegang tangan anak agar tidak bergerak-gerak.
  8. Berikan anak mainan atau tontonan kartun sehingga konsentrasi si kecil tidak terfokus pada kukunya yang dipotong.
  9. Orangtua bisa memotong kukunya sambil memangku si kecil di paha sang ibu, ini akan membuat anak sedikit lebih tenang.
  10. Tak ada salahnya untuk memberikan penghargaan atau pujian seperti memeluk dan mencium si kecil ketika berani untuk gunting kuku.

0 komentar

Gabung di IDR cuman klik dpt Duit (lihat pendapatanku)

Cari Data Lain

Custom Search